Kamis, 21 Juni 2012

Nitril

Hidrolisis nitril
 
Ketika nitril yang dihidrolisis kita dapat menganggap mereka bereaksi dengan air dalam dua tahap - pertama untuk menghasilkan amida, dan kemudian garam amonium dari asam karboksilat.
Sebagai contoh, etannitril akan berakhir sebagai amonium etanoat akan melalui ethanamide.


Dalam prakteknya, reaksi antara nitril dan air akan sangat lambat hingga benar-benar diabaikan. Nitril ini bukan dipanaskan dengan baik asam encer seperti asam hidroklorat encer, atau dengan alkali seperti larutan natrium hidroksida.
Hasil akhirnya adalah sama dalam semua kasus, tetapi sifat yang tepat dari produk akhir bervariasi tergantung pada kondisi yang kita gunakan untuk reaksi. 

Alkali hidrolisis nitril
Nitril dipanaskan di bawah refluks dengan larutan natrium hidroksida. Kali ini, bukannya garam amonium seperti yang akan kita lakukan jika reaksi hanya melibatkan air, kita mendapatkan garam natrium. Gas amonia dilepaskan juga.
Misalnya, dengan larutan hidroksida dan sodium etannitril kita akan mendapatkan natrium etanoat dan amonia.


Amonia terbentuk dari reaksi antara ion amonium dan ion hidroksida. Jika kita ingin asam karboksilat bebas dalam hal ini, kita harus mengasamkan solusi akhir dengan asam kuat seperti asam hidroklorat encer atau asam sulfat. Ion etanoat dalam natrium etanoat akan bereaksi dengan ion hidrogen seperti yang disebutkan di atas
 
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.chemguide.co.uk/organicprops/nitriles/hydrolysis.html

3 komentar:

  1. pada artikel diatas hidrolisis nitril dengan metode refluks, misalnys dengan larutan hidroksida dan sodium etenitril dan dihasilkan amonia. jika hidrolisis nitril dilakukan dengan metode berbeda tetapi senyawanya sama, apakah reaksinya sama dan bagaimana dengan senyawa yang dihasilkan?

    BalasHapus
  2. Senyawa yang dihasilkan sama saja walaupun menggunakan metode yang berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm,,lw mnrutqu metodenya aja beda /cara menghasilkan senyawanya beda tapi untuk hasil reaksinya tetap sama ,,

      Hapus